PEDOMAN PENULISAN

Pedoman Penulisan di Jurnal Al Qisthi  sebagai berikut :

KETENTUAN UMUM

  1. Naskah yang ditulis merupakan tulisan Jurnal ilmiah untuk mempromosikan dan memperluas cakupan pemanfaatan metodologi matematika dan statistika serta teknologi informasi dalam penelitian dan pengembangan pertanian dengan menjelaskan dan memberi contoh pengembangan metode-metode tersebut serta penerapannya.
  2. Naskah ditulis menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Naskah dalam bahasa Indonesia ditulis mengikuti pedoman umum ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan.
  3. Jurnal Al Qisthi  tidak menerima naskah melalui email. Naskah harus dikirimkan melalui sistem Online melaui alamat :  http://stisipm-sinjai.ac.id/stisippublishing/index.php/JAQ. Bagi yang belum pernah registrasi, silahkan untuk melakukan registrasi terlebih dahulu.
  4. Jadwal penerbitan adalah bulan Juni dan Desember

STANDAR PENULISAN

  1. Huruf standar yang digunakan untuk penulisan adalah arial zise 11
  2. Naskah ditulis dengan jarak 2 spasi, kecuali Judul, Tabel (judul, tubuh, dan keterangan), dan judul gambar diketik 1 spasi. Naskah diketik pada kertas ukuran A4 dengan batas (margin) pada keempat sisi adalah 3 cm dan jumlah halaman maksimal 20 halaman.
  3. Naskah diketik menggunakan program Microsoft Word, kecuali untuk tabel dan grafik dapat menggunakan Microsoft Excel dan gambar menggunakan format JPEG atau TIFF.
  4. Naskah disusun dengan urutan judul, nama penulis, nama dan alamat lengkap instansi setiap penulis, abstrak (Indonesia dan Inggris), pendahuluan, materi dan metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, ucapan terima kasih, serta daftar pustaka. Silahkan downlod Template Penulisan untuk Jurnal Alqisthi.
  5. Saat mengirimkan naskah diwajibkan juga untuk mengirimkan pernyataan etika publikasi. Etika publikasi yang lebih detil dapat dibaca pada link ini. Pernyataan etika publikasi tersebut diharapkan untuk dibaca,  dipatuhi dan ditandatangani sebelum dikirimkan. Pernyataan etika publikasi dapat di didownlod pada link ini.
  6. Setiap naskah di Jurnal Al-Qisthi akan direview oleh minimal 2 orang reviewer dengan sistem double blind review. Semua proses review dilakukan secara online melalui sistem web dan perkembangan dari naskah dapat dipantau oleh penulis melalui sistem Online.
  7. Waktu setiap naskah mulai dikirim sampai dengan dinyatakan diterima oleh redaksi tidak akan sama tergantung dari proses review masing-masing naskah. Redaksi tidak bisa menjamin waktu terbit dengan pasti saat naskah baru dikirimkan oleh penulis.
  8. Naskah yang telah dinyatakan diterima dengan atau tanpa revisi oleh tim redaksi dan reviewers. Penulis naskah tidak dikenai biaya apapun untuk penerbitan naskah.
  9. Pemeriksaan dan penyuntingan cetak-coba dikerjakan oleh redaksi dan/atau dengan melibatkan penulis. Naskah yang sudah dalam bentuk cetak-coba dapat dibatalkan pemuatannya oleh redaksi jika diketahui bermasalah.
  1. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan softwarekomputer untuk pembuatan naskah atau hal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis naskah, berikut konsekuensi hukum yang mungkin timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penuh penulis naskah tersebut.

INFORMASI LAYANAN PEMBACA

Kami mendorong pembaca untuk mendaftar ke layanan pemberitahuan penerbitan untuk jurnal ini. Gunakan tautan Daftarkan di bagian atas halaman utama jurnal. Registrasi ini akan menghasilkan pembaca yang menerima Daftar Isi melalui email untuk setiap edisi baru jurnal. Daftar ini juga memungkinkan jurnal untuk mengklaim tingkat dukungan atau jumlah pembaca tertentu. Lihat Pernyataan Privasi jurnal, yang meyakinkan pembaca bahwa nama dan alamat email mereka tidak akan digunakan untuk tujuan lain

INFORMASI LAYANAN PENULIS

Tertarik mengirimkan ke jurnal ini? Kami menyarankan Anda meninjau halaman Tentang Jurnal untuk kebijakan bagian jurnal, serta Pedoman Penulis. Penulis perlu mendaftar dengan jurnal sebelum mengirimkan atau, jika sudah terdaftar, cukup login dan memulai proses lima langkah.

INFORMASI LAYANAN PUSTAKAWAN

Kami mendorong pustakawan penelitian untuk membuat daftar jurnal ini di antara kepemilikan jurnal elektronik perpustakaan mereka. Selain itu, mungkin perlu dicatat bahwa sistem penerbitan sumber terbuka jurnal ini cocok untuk perpustakaan untuk menampung anggota fakultas mereka untuk digunakan dengan jurnal yang mereka terlibat dalam pengeditan (lihat Sistem Jurnal Terbuka).