Pengaruh Belanja Langsung dan Belanja Tidak Langsung terhadap Product Domestik Regional Brutto (Pdrb) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sinjai

  • Ilyas Ilyas STISIP Muhammadiyah Sinjai
Keywords: Belanja Langsung, Belanja Tidak Langsung, PDRB, Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh belanja langsung dan belanja tidak langsung terhadap pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sinjai, Serta untuk mengetahui pengaruh Produk Domestik Regional Brutto (PDRB) terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sinjai.

Variabel-variabel yang diamati dalam penelitian ini meliputi: 1) Belanja Langsung, 2) Belanja Tidak Langsung, 3) PDRB, serta 4) Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Data dianalisis dengan memakai model analisis Two Stage Least Square (2SLS Analysis) dengan menggunakan program SPSS 16. Sumber data utama berasal dari publikasi Biro Pusat Statistik Kabupaten Sinjai.

Hasil penelitian menunjukkan belanja langsung dan belanja tidak langsung secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Product Domestik Regional Brutto (PDRB) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sinjai.

Published
2018-07-12