EFEKTIVITAS PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENEKAN ANGKA PUTUS SEKOLAH DI DESA BATULAPPA KECAMATAN PATIMPENG KABUPATEN BONE

  • Andi Bahrun Syam STISIP Muhammadi Sinjai
Keywords: Peran Pemerintah Desa, dan Angka Putus Sekolah

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peran pemerintah desa dalam menekan angka putus sekolah di Desa Batulappa dan faktor-faktor penyebab terjadinya putus sekolah di Desa Batulappa. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pengambilan keputusan atau verifikasi.

Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa efektivitas peran pemerintah desa dalam menekan angka putus sekolah di Desa Batulappa, terkait perannya sebagai motivator, fasilitator, dan mobilisator pada dasarnya sudah cenderung efektif, karna demikian terjadipenurunan angka putus sekolah disebabkan adanya kepedulian pemerintah desa, orangtua dan masyarakat.

Faktor penyebab terjadinya putus sekolah di Desa Batulappa yakni pengaruh sesama teman sepergaulan, dari diri anak itu sendiri, kondisi ekonomi dan kondisi fisikserta sebagian besar disebabkan oleh faktor pengaruh Sesama teman sepergaulan/sepermainan anak tersebut.

Published
2018-08-09