ANALISIS MOTIVASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL DI SMK NEGERI 1 BARRU

  • nurkadar wati
Keywords: Motivasi, Kerja

Abstract

Motivasi  kerja  pegawai  pemerintah  merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam upaya mencapai sasaran  pembangunan nasional, selain motivasi kerja pegawai juga merupakan tolak ukur keberhasilan pegawai tersebut dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Apabila terjadi penurunan  motivasi  kerja, maka harus diupayakan untuk mencari faktor penyebab hal ini, dicarikan solusi pemecahannya agar permasalahannya tidak berlarut-larut dan dapat menghambat tujuan organisasi. Motivasi kerja Pegawai Negeri Sipil pada dasarnya merupakan kondisi yang obyektif pegawai dalam bekerja yang nampak hasil kerjanya kurang baik.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan bagaimana motvasi kerja pegawai negeri sipil di SMK negeri 1 Barru dan faktor faktor apa yang mempengarhi motivasi kerja tersebut. Tipe penelitian  yang  digunakan  adalah  penelitian deskriptif  berusaha  memberikan  gambaran tentang permasalahan yang akan diteliti.

Hasil  penelitian  ini  menemukan bahwa ada dua faktor yang mempengaruhi motivasi kerja yaitu faktor intrisik dan ekstrisik. Motivasi intrinsik  yang  terdiri  dari faktor-faktor kepuasan kerja, prestasi kerja, pengembangan karier dan tanggung jawab dari PNS. Motivasi ekstrinsik yang terdiri dari faktor-faktor gaji/kesejahteraan, kondisi kerja, supervisi, dan kebijakan organisasi Berdasarkan faktor-faktor tersebut diatas dapat ditarik kesimpulan  :Faktor-faktor  yang  mempengaruhi motivasi kerja Pegawai Negeri Sipil yang berasal dari dalam diri seseorang  atau  dikenal sebagai faktor  intrinsik berada dalam kategori Tinggi Sedangkan dari faktor ekstrinsik yaitu faktor  pemelihara agar seseorang  tetap terdorong  untuk melakukan suatu kegiatan masih tergolong  rendah.

Published
2018-06-21