SISTEM MANAJEMEN MUTU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA PT. BRI KANTOR WILAYAH MAKASSAR

  • muliati muliati
Keywords: Manajemen Mutu, Peningkatan Kualitas

Abstract

Persaingan di dalam industri perbankan semakin meningkat, baik dalam penyediaan produk maupun pelayanannya. Hal ini menunjukkan semakin banyak tuntutan masyarakat yang harus dipenuhi oleh dunia perbankan. Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai salah satu bank milik pemerintah yang terbesar di Indonesia menerapkan sistem manajemen mutu untuk meningkatkan kualitas pelayanan demi memenuhi kepuasan nasabah. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, Pemeriksaan dan Tindakan dalam peningkatan kualitas pelayanan pada PT. BRI Kantor Wilayah Makassar.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan lebih jelas bagaimana Perencanaan, Pelaksanaan, Pemeriksaan dan Tindakan dalam peningkatan pelayanan pada PT. BRI Kantor Wilayah Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kulitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem manajemen mutu dalam peningkatan kualitas pelayanan pada PT. BRI Kantor Wilayah Makassarmerupakan pedoman penerapan praktek-praktek manajemen kualitas untuk memberikan kepuasan pelayanan kepada nasabahmeliputi Perencanaan, Pelaksanaan rencana, Pemeriksaan dan Melakukan tindakan (PDCA)

Published
2017-06-30